Tahapan Produksi Program TV

Tiga Tahapan Produksi Program Televisi

Kamu mau mengetahui gambaran tentang tahapan produksi program TV, yuk kita lihat dokumentasi foto dari pembuatan Film Anak Singkong yang digarap oleh siswa-siswi SMK berikut ini:






Tahap pra produksi merupakan proses perencanaan suatu acara, atau disebut juga tahap persiapan. Produser, sutradara, penulis naskah menyempurnakan naskah. Seluruh tim produksi utama mendiskusikan konsep program sesuai dengan job desc divisi/kru. Kegiatan yang umumnya dilakukan pada tahapan pra produksi adalah:
1. Penentuan ide+riset
2. Riset 
3. Pembuatan naskah
4. Bedah naskah
5. Hunting lokasi
5. Casting
6. Reading
7. Persiapan set/lokasi
8. Persiapan peralatan

Tahapan produksi adalah upaya merubah bentuk naskah menjadi bentuk audio visual. Segala bentuk proses kreatif yang telah dimatangkan dalam tahap pra produksi, dituangkan dalam tahap produksi
Kegiatan yang umumny dilakukan pada tahapan ini adalah:
1. Setting lokasi
2. Instalasi peralatan
3. Rehearsall
4. Shooting
5. Preview hasil shooting







Tahap ini merupakan tahap penyempurnaan, tahap penyelesaian atau finalisasi dari sebuah produksi. Tahap ini merupakan akhir dari suatu perjalanan panjang produksi program televisi. Gambar-gambar dan suara yang sudah diambil, disambung agar dapat dilihat dan enak diikuti. Editor bekerja dengan seperangkat editing secara sederhana, atau terprogram dengan software komputer. Kemudian diserahkan kepada pengisi ilustrasi musik untuk mengisi musik.
Secara garis besar tahap penyelesaian ini terdiri dari :
1. Membereskan/mengembalikan perangkat peralatan dan artistik
2. Melakukan editing baik suara maupun gambar
3. Pengisian grafis/insert visualisasi
4. Pengisian narasi
5. Pengisian sound efek dan ilustrasi
6. Melakukan proses evaluasi
Proses evaluasi dalam tahap ini sangatlah penting. Di dalam evaluasi ini, dapat saja hasil produksi tadi layak siar, dapat juga masih diberikan catatan, misalnya masalah ilustrasi visual, suara, editing gambar, dsb sehingga dilakukan perbaikan sebelum akhirnya disiarkan. Dengan adanya evaluasi, akan didapatkan pandangan dari berbagai sudut pandang orang lain untuk perbaikan produksi mendatang.

 Agar lebih paham lagi, kita lihat video tahapan produksi berikut ini.


6 komentar: